Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun, Sudah Bisa Apa Saja?

Melihat perkembangan dan pertumbuhan anak adalah hal yang sangat penting, hal dilakukan untuk menghindari terjadinya stunting pada anak. Setiap tahunnya, balita pasti akan mengalami perubahan secara fisik. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai tumbuh kembang anak usia 3 tahun. Berikut ini adalah beberapa perkembangannya.

1. Kemampuan Motorik Kasar

Pertama, bisa dilihat dari kemampuan motorik kasarnya, kemampuan yang dimilikinya adalah anak sudah mulai bisa menyeimbangkan tubuh dengan mengangkat salah satu kaki selama 1 sampai 3 detik. Anda bisa melihatnya pada saat ia melakukan olahraga ataupun senam. Selain itu, si kecil juga bisa melakukan lompatan jarak jauh.

Beberapa kemampuan lainnya adalah bisa melakukan lemparan bola, memanjat, dan naik turun tangga. Jadi, Anda bisa tumbuh kembangnya dari kemampuan motorik kasarnya tersebut. Selalu dukung aktivitas anak agar bisa terus tumbuh dan berkembang secara sempurna.

2. Kemampuan Motorik Halus

Tumbuh kembang anak juga bisa dilihat dari kemampuan motorik halusnya. Perkembangan ini bisa dilihat dari otot kecil dengan koordinasi mata-tangan. Contoh dari kemampuan ini adalah bisa menyusun puzzle, memasukkan balok sesuai dengan bentuknya, menggambar dan juga menulis. Pada saat berusia 3 tahun, anak sudah memiliki kemampuan membuat garis, dan bentuk lain.

Anda juga perlu melihat bagaimana si kecil memegang pensil, krayon, atau alat tulis lainnya. Lihatlah bagaimana posisi jarinya dalam mengapit pensil. Jika masih ada kesalahan, Anda bisa langsung mengajarinya yang benar. Kemampuan ini bisa ditingkatkan terus dengan memberikan rangsangan melalui menggambar.

3. Kemampuan Bahasa dan Komunikasi

Tumbuh kembang anak usia 3 tahun selanjutnya adalah si kecil memiliki keterampilan dalam berbahasa dan berkomunikasi. Biasanya, pada usia ini anak juga akan semakin aktif bertanya, karena memiliki kemampuan berkomunikasi yang sudah baik, serta ia juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Jadi, selalu respon saat anak Anda mulai mengajak berkomunikasi, agar bisa terus meningkatkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi. Pada usia ini, anak juga akan semakin senang dalam mengeksplorasi kata-kata yang pernah ia dengarkan.

4. Kemampuan Sosial dan Emosional

Perkembangan selanjutnya dilihat melalui kemampuan sosial dan emosional. Anak juga sudah bisa melakukan kegiatan sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain, seperti mencuci tangan, memakai pakaian dan melepasnya sendiri, serta sudah bisa menggunakan alat makan. Dalam hal sosial, anak di usia 3 tahun sudah bisa mengekspresikan rasa senang pada saat temannya datang.

Jadi, itulah tadi beberapa ciri tumbuh kembang anak usia 3 tahun. Sebagai orang tua, kita juga bisa membantunya, caranya adalah dengan kurangi memarahi, selalu damping saat ia melakukan hal baru, dan belajar disiplin, yang bisa Anda ajarkan dengan waktu tidur siang, karena ini sangat penting untuk anak, minimal waktu tidur yang dibutuhkannya adalah 1 sampai 3 jam.

By admin