Tips Memasak Seblak Mudah dan Anti Gagal

Makanan pedas khas Bandung yang sedang populer adalah seblak. Anda bisa dengan mudah menemukannya pada pedagang kaki lima di berbagai tempat. Bahkan, karena cara memasaknya tidak sulit, bisa mencoba mengkreasikan sendiri di rumah. Rasanya sangat nikmat dan cocok dijadikan teman bersantai saat cuaca panas maupun dingin.

Cara Memasak Seblak yang Benar Tanpa Gagal

Bahan utama yang khas dari panganan satu ini adalah kerupuk. Bentuknya bisa basah maupun kering. Namun, versi basah atau menggunakan kuah menjadi favorit. Kini, banyak sekali varian topping bisa memberikan nuansa memakan yang baru dan tidak membosankan. Jika Anda tidak punya waktu beli keluar rumah, cobalah memasak sendiri dengan menerapkan tips berikut.

1. Rendam Kerupuk Terlebih Dahulu

Bahan utama dari seblak basah harus mempunyai tekstur kenyal dan mengembang. Namun, banyak yang masih gagal dalam mengolah tahap awal ini. Cara supaya teksturnya pas serta enak, Anda harus merendam kerupuk mentahnya di dalam air panas. Rendamlah selama kurang lebih 30 menit. Tidak perlu merebus kerupuknya untuk membuatnya empuk.

2. Jangan Ketinggalan Bumbu Utamanya

Bumbu jadi poin penting untuk menciptakan rasa nikmat khas pedas. Bahan utama dari resep makanan ini adalah bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan rempah-rempah yaitu kencur. Bumbu-bumbu tersebut tidak boleh terlewatkan karena jika tidak ada salah satunya, maka rasa yang dihasilkan kurang sedap serta nikmat. Oleh sebab itu, selalu siapkan di awal.

3. Telur Buat Kuah Seblak Semakin Kental

Kuah pedas menjadi penggugah selera makan. Seblak mempunyai kuah kental pedas dengan rasa super enak. Dalam membuatnya, Anda bisa menumis bumbunya terlebih dahulu kemudian masukkan telurnya. Telur tersebut akan memberikan tekstur kental pada kuah seblaknya. Dengan demikian, rasanya semakin kuat serta sedap membuat ingin terus menyantapnya.

4. Tambahkan Sayuran di Akhir

Untuk menyeimbangkan masakan satu ini, maka biasanya para penggemar suka menambahkan sayur-sayuran. Dalam membuatnya, sebaiknya jangan memasukkan sayuran di awal. Hal tersebut akan membuat teksturnya terlalu lembek atau terlalu matang. Sebaiknya, tambahkan sayuran di akhir supaya teksturnya tetap crunchy serta tidak layu.

5. Rebus Ceker Jika Ingin Ditambahkan

Salah satu topping atau tambahan seblak kesukaan banyak orang adalah ceker ayam. Ini akan memberikan kemeriahan makan dan sensasi tersendiri. Supaya enak, rebus terlebih dahulu cekernya sampai matang atau empuk. Setelah itu, masukkan kaldunya ke dalam seblak untuk membuat rasanya semakin terasa sedap.

Demikian ulasan tentang tips dalam memasak seblak. Anda bisa mengikutinya supaya masakan tidak gagal serta hasilnya enak dan mantap. Dengan begitu, bisa memberikannya untuk keluarga sebagai teman bersantai. Temukan ragam tips memasak lainnya di orami.co.id. Anda juga bisa belanja berbagai keperluan secara mudah dengan ragam pilihan.

By admin