Perhitungan Jadwal Sholat dan Pentingnya Sholat 5 Waktu

Saat ini sangat mudah untuk kita mengetahui jadwal sholat untuk daerah yang kita inginkan. Namun, sebelum Anda melakukan perhitungan, ada beberapa data-data yang diperlukan. Nah, berikut ini bagaimana cara melakukan perhitungan untuk waktu sholat.

Bujur Tempat

Bujur tempat merupakan nilai di sebuah tempat di bumi yang dapat dihitung dari kota Greenwich, Inggris. Cara pengukurannya dapat dilakukan dari Greenwich ke arah timur 0° sampai 180° atau disebut dengan bujur timur. Setiap 15° adalah 1 jam atau 60 menit. Jika menghitung dari Greenwich ke arah barat 0° sampai 180° disebut dengan bujur barat.

Lintang Tempat

Lintang tempat merupakan nilai di sebuah tempat di bumi yang diukur dari garis khatulistiwa (equator). Sebelah utara garis khatulistiwa 0° sampai 90° memiliki arti plus (+), dan untuk sebelah selatan garis khatulistiwa 0° sampai 90° memiliki arti minus (-). Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui bujur dan lintang yaitu dengan menggunakan Google Maps, Aplikasi Coordinate, dan GPS.

Deklinasi Matahari

Deklinasi matahari merupakan nilai jarak posisi antara matahari dengan khatulistiwa. Jika posisi matahari sedang berada di garis khatulistiwa maka deklinasi matahari akan bernilai positif (+), namun apabila posisi matahari berada di selatan garis khatulistiwa maka deklinasi matahari akan bernilai (-). Hal ini menyebabkan nilai deklinasi matahari berubah-ubah sepanjang waktu dalam satu tahun.

Rumus Menghitung Waktu Sholat

Jika Anda sudah mengetahui data-data yang diperlukan untuk menghitung waktu sholat, berikut ini rumus yang digunakan untuk mengetahui waktu sholat.

Dhuhr = 12 + TimeZone – Lng/15 – EoT

Sunrise = Dhuhr – T(sunrise)
Sunset = Dhuhr + T(sunset)

Maghrib = Dhuhr + T(maghrib)

Fajr = Dhuhr – T(fajr)

Midnight = 1/2(Fajr – Sunset)

12 rumus saat waktu sholat dzuhur adalah jam atau waktu rata-rata matahari mencapai titik kulminasi atau berada di garis meridian.

Pentingnya Sholat 5 Waktu

Shalat adalah kewajiban bagi semua umat muslim yang sudah akil dan baligh. Sholat tak hanya sebuah rutinitas, namun sholat adalah bukti keimanan dan ketaatan seorang muslim dalam menjalankan perintah Allah SWT. Maka dari itu, lakukan parenting islami pada anak-anak sejak dini agar mereka mengetahui pentingnya sholat 5 waktu.

  1. Sholat merupakan tolak ukur amal. Dalam hal ini, berarti bahwa kualitas amal seseorang akan ditentukan oleh sholatnya.
  2. Sholat merupakan tiang agama.
  3. Sholat merupakan kunci surga.
  4. Sholat merupakan perintah Allah tanpa perantaraan malaikat kepada Nabi Muhammad SAW ketika perjalanan Isra Dn Mi’raj.
  5. Sholat merupakan benteng yang menjaga kita semua dari perbuatan keji dan maksiat.
  6. Sholat merupakan pengingat kita kepada Allah SWT.

Parenting islami sangat penting dilakukan sejak dini kepada anak-anak kita agar anak-anak paham tentang agama sejak dini. Dari ulasan berikut sebaiknya sebagai orang muslim Anda paham bagaimana cara menghitung jadwal sholat dan pentingnya sholat untuk umat islam.

By admin