Perbedaan Mesin Kopi Otomatis dan Manual

Menikmati secangkir kopi di kala senggang memang menjadi agenda rutin dari sebagian besar orang. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka kedai kopi. Namun, sebelum anda mewujudkan hal tersebut, ada dua macam mesin kopi yang biasa digunakan, yakni mesin kopi otomatis dan manual. Lantas apa yang membedakan keduanya? Berikut ini penjelasannya.

Mesin Kopi Otomatis

Jika Anda menginginkan alat yang bisa membuat kopi dengan lebih mudah dan cepat, alat pembuat kopi otomatis bisa menjadi pilihan terbaik. Sebab mesin yang satu ini bisa dengan singkat menghasilkan secangkir kopi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan dari mesin pembuat kopi otomatis.

1. Kelengkapan Alat yang Lengkap

Mesin otomatis mempunyai peralatan yang lengkap. Mulai dari roasting, penghalusan hingga penyeduhan bisa Anda lakukan pada mesin yang sama. Berbeda dengan mesin manual yang tiap prosesnya dilakukan secara terpisah.

2. Menggunakan Tenaga Listrik

Mesin otomatis menggunakan listrik sebagai sumber daya untuk menggerakkannya. Dengan menggunakan listrik akan memudahkan Anda dalam setiap proses yang dilakukan. Anda hanya perlu menekan tombol sesuai instruksi untuk membuat secangkir kopi.

3. Ukuran Mesin

Sekedar informasi, ukuran mesin pembuat kopi otomatis sangat beragam. Namun, kebanyakan mesin otomatis mempunyai ukuran yang relatif besar. Hal ini dikarenakan saking kompleksnya proses pembuatan kopi yang ada di dalamnya. Ukuran ini yang seringkali menjadi masalah bagi pemilik usaha dalam menjaga kondisi agar tetap stabil.

4. Kurang Fleksibel

Mengingat ukurannya yang cukup besar dan harus diletakkan di dekat stop kontak membuat mesin otomatis ini kurang fleksibel jika harus dibawa kemana-mana. Sebab itulah mesin jenis ini lebih disarankan digunakan untuk usaha cafe dengan masa pakai yang lebih lama.

5. Harga yang Mahal

Dengan adanya teknologi terkini yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan berbagai citarasa kopi kekinian, budget yang harus Anda keluarkan juga harus tinggi. Umumnya, mesin otomatis dibanderol mulai dari 2 jutaan.

Mesin Kopi Manual

Seperti namanya, alat ini dioperasikan secara manual. Umumnya mesin kopi manual banyak dilirik oleh penikmat kopi yang menyukai proses pembuatannya. Selain itu, mesin kopi manual dinilai mempunyai keunikannya tersendiri yang membuatnya berbeda dengan mesin otomatis. Adapun beberapa hal yang jadi pembeda sebagai berikut:

1. Ukuran yang Kecil

Mesin kopi manual mempunyai ukuran yang relatif kecil. Sehingga mudah disimpan dan juga lebih fleksibel saat ingin dibawa kemana-mana. Alat yang satu ini biasanya digunakan oleh pemilik kedai kopi dengan area yang lebih kecil.

2. Alat yang Terbatas

Berbeda dengan mesin otomatis yang mempunyai alat lengkap untuk membuat secangkir kopi, mesin manual hanya dilengkapi dengan tuas, portafilter, pengukur uap dan labu penampung kopi. Sehingga Anda hanya bisa membuat satu jenis minuman kopi saja.

3. Harga Terjangkau

Mengingat kelengkapan alat yang ada, harganya pun juga lebih rendah jika dibandingkan dengan mesin otomatis. Sehingga Anda bisa menyalurkan hobi minum kopi Anda tanpa harus pergi ke warung kopi. Untuk harganya sendiri berada di kisaran 100 ribuan saja.

Itu dia beberapa hal yang membedakan antara mesin kopi otomatis dan manual. Setelah Anda mengetahui perbedaannya, Anda bisa menentukan mesin mana yang ingin Anda beli berdasarkan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mendirikan kafe, mesin otomatis menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika hanya sekedar hobi saja, membeli mesin manual rasanya sudah cukup.

By admin