Daya Tarik Objek Wisata Candi Borobudur, Kekayaan Tiada Duanya di Indonesia

Salah satu kekayaan dan warisan budaya Indonesia adalah wisata Candi Borobudur. Candi ini sendiri memiliki banyak daya tarik wisata alam dan budaya yang wajib kamu tahu.

Wisata Candi Borobudur sangat terkenal sebagai salah satu keajaiban dunia dan merupakan candi Budha terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Salah satu warisan budaya Indonesia ini mempunyai ciri khas arsitektur yang megah dan telah di tetapkan oleh UNESCO sebagai cagar budaya dunia.

Seputar Wisata Candi Borobudur

Menjadi salah satu destinasi wisata para wisatawan domestik hingga turis mancanegara, Candi Borobudur terletak di Jawa Tengah. Banyak daya tarik wisata yang mendorong para wisatawan berkunjung ke Candi ini.

Bagi Indonesia, nama Candi Borobudur nyatanya tidak hanya diartikan sebagai destinasi wisata saja. Akan tetapi megah, dimana bangunan ini menjadi simbol dari kebesaran peradaban masa lalu dari bangsa ini.

Lalu apakah kemegahan saja yang diberikan? Tentu saja tidak. Kamu bisa melihat pemandangan indah, koleksi budaya unik, juga banyak hiburan menarik bisa kamu temui di candi Budha ini.

Selain itu, juga memiliki arsitektur yang megah, sehingga bangunan ini juga mempunyai cara unik untuk menceritakan kisahnya kepada setiap pengunjung.

Terakhir, keunikan lainnya yaitu terletak pada penyusunan candi. Walau tanpa semen, namun Candi Borobudur ini mampu berdiri kokoh, sehingga akhirnya UNESCO memasukannya ke dalam 7 Keajaiban Dunia.

Daya Tarik Candi Borobudur

Siapa pun pastilah terpesona apabila melihat betapa megahnya Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang ini. Susunan batu yang begitu kokoh tanpa menggunakan semen sebagai perekatnya, membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara mereka mendirikannya di masa lampau?

Karena sarat nilai sejarahnya inilah, sehingga tidak heran jika sampai saat ini pun, Candi Borobudur menjadi tujuan wisata bagi turis domestik maupun mancanegara. Dan berikut beberapa daya tarik dari objek wisata ini.

  • Kemegahan Candi Borobudur 

Kemegahan Candi Borobudur dikenal tiada bandingnya. Bangunan yang luas dan besar ini jika kamu saksikan seluruh areanya akan terlihat sangat besar. Candi dengan lokasi di daerah ketinggian ini mempunyai arsitektur yang indah disertai keindahan pemandangan alam disekelilingnya.

  • Zona Relief di Candi Borobudur 

Selain Candi Prambanan, Candi Borobudur juga memiliki relief dengan ciri khas 3 zona. Pertama, Zona Kamadhatu. Zona ini berupa relief dinding berjumlah 160 relief dengan penjelasan Karmawibhangga Sutra (hukum sebab-akibat).

Kedua, Zona Rupadhatu berupa relief 328 patung budha yang melambangkan peralihan manusia dimana manusia terbebas dari segala urusan dunia. Ketiga, Zona Arupadhatu. Zona ini merupakan zona lingkaran yang berada di pusat candi yang menandakan kemurnian paling tinggi.

  1. Matahari Terbit di Borobudur

Salah satu hal menarik dan sangat disukai para wisatawan adalah menikmati matahari terbit dan tenggelam di Candi Borobudur. Panorama matahari terbit dan tenggelam akan membuat liburan kamu bersama teman-teman dan keluarga tercinta menjadi seru dan menyenangkan.

Banyak wisatawan datang ke Candi ini pada pagi buta dan meluangkan waktunya untuk menyaksikan matahari terbit. Untuk menyaksikan matahari terbit, tiket masuk mulai dari Rp. 325.000, untuk wisatawan usia dewasa dan Rp. 162.500, untuk wisatawan usia anak – anak.

  1. Safari Gajah Borobudur

Safari Gajah Borobudur merupakan aktivitas wisata yang sangat unik dan menarik yang harus kamu coba. Ini akan memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan tempat wisata yang lain. Paket yang di tawarkan mulai dari Rp. 250.000 per orang.

Harga Tiket Masuk Borobudur

Untuk wisatawan domestik, harga tiket masuk ke Candi Borobudur adalah sebagai berikut:

  • Tiket perorangan terdiri dari TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur dengan kategori usia diatas 10 tahun, harga tiket masuk Rp 40.000.
  • Untuk kategori usia 3-10 tahun harga tiket masuk Rp.20.000.
  • Paket TWC Borobudur, Mendut dan Pawon, kategori usia diatas 10 tahun, harga tiket masuk Rp.60.000
  • Untuk kategori usia 3-10 tahun, harga tiket masuk Rp.30.000.
  • Untuk Tiket Rombongan TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur Rp 20.000.  Paket TWC Borobudur, Mendut dan Pawon Rp. 30.000.
  • Tiket Paket Terusan di Candi Borobudur- Candi Ratu Boko untuk usia di atas 10 tahun, dikenai tarif Rp.75.000.
  • Kategori usia 3-10 tahun, dikenai tarif Rp. 35.000.
  • Candi Borobudur – Prambanan untuk usia diatas 10 tahun dikenai tarif Rp.75.000.
  • Untuk usia 3-10 tahun dikenai tarif Rp.35.000.
  • Candi Borobudur – Sendratari Ramayana (kelas II) kategori usia di atas 10 tahun harga tiket masuk Rp. 150.000.
  • Untuk kategori usia 3-10 tahun, harga tiket masuk Rp 135.000. Untuk tiket rombongan harga berlaku untuk rombongan mahasiswa dan pelajar dengan surat pengantar dari (universitas/sekolah).

Cukup mudah bukan menjangkau lokasi wisata Candi Borobudur? Candi terkenal ini memang sangat cocok bagi kamu yang ingin berwisata alam sekaligus berwisata sejarah dan budaya. Selain menikmati alam, kita juga akan memperkaya wawasan budaya tentang Candi Borobudur. Selamat berwisata.

By admin