8 Cara Menyimpan Makanan Basah Kucing agar Tahan Lama

Kucing biasanya menyukai makanan basah dibandingkan dengan makanan kering. Hal ini karena makanan basah memiliki aroma yang tajam dan dapat menggugah selera makan si kucing. Namun, biasanya makanan kucing tidak bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Jadi, Anda perlu menyimpan makanan basah agar awet. Berikut ini cara menyimpan makanan basah kucing.

1.      Tutup Kemasan Segera Setelah Dibuka

Makanan basah untuk kucing biasanya ada dua kemasan yakni sachet dan kaleng. Cara menyimpan makanan basah untuk kucing dengan kemasan sachet dan kaleng keduanya sama, jika makanan basah sudah dibuka maka langsung ditutup dengan rapat untuk memastikan tidak ada udara yang masuk.

2.      Simpan Makanan Dalam Kulkas

Makanan basah untuk kucing ini sangat rentan mengalami perubahan rasa dan juga tekstur. Maka dari itu,  ada baiknya untuk disimpan di kulkas. Hal ini dikarenakan supaya makanan lebih awet sebab disimpan di suhu rendah yakni sekitar 4 sampai 7°C.

3.      Menggunakan Sendok

Makanan basah cepat berubah tekstur biasanya disebabkan oleh bakteri. Maka dari itu, agar makanan tidak terkontaminasi oleh bakteri dan kuman pastikan untuk mengambil makanan menggunakan sendok bersih. Hal ini berfungsi untuk menjaga kesehatan kucing.

4.      Cek Tempat Makanan

Saat membeli makanan basah untuk kucing adalah hal yang penting, namun biasanya Anda sering melupakan untuk mengecek wadah makanan apakah ada kerusakan, menggembung atau tidak. Sebelum membeli pastikan untuk mengecek tempat makanan. Karena  percuma saja kalau sedari awal sudah rusak ingin disimpan seperti apa akan cepat basi.

5.      Cek Tanggal Kedaluwarsa

Cara penyimpanan makanan basah untuk kucing yang terakhir adalah selalu rajin dan rutin mengecek tanggal kedaluwarsa yang ada pada makanan. Lakukan pengecekan baik itu sebelum ataupun sesudah membelinya karena hal ini berkaitan dengan kesehatan kucing juga.

6.      Pisahkan Makanan

Pisahkan makanan yang baru dibeli, dengan makanan yang sudah dibeli.  Sebaiknya, Anda menyimpan makanan yang baru dan lama di tempat yang berbeda. Hal tersebut karena,  ditakutkan makanan yang sudah lama ini akan mempengaruhi makanan yang baru dibeli.

7.      Tandai Periode

Cara menyimpan makanan basah untuk kucing  ini sebenarnya hanya untuk berjaga-jaga saja takut Anda lupa kapan membuka dan memberikan makanan tersebut pertama kali kepada kucing. Maka dari itu, untuk  berjaga-jaga, buatlah penanda periodenya atau waktunya dengan menggunakan spidol permanen supaya tidak terhapus.

8.      Bersihkan Tempat Makan

Adanya bakteri dan pembusukan bakteri sangat mempengaruhi makanan basah untuk kucing. Maka dari iu, agar terhindar dari bakteri pastikan Anda selalu membersihkan tempat makanan kucing setiap hari. Hal ini juga berguna untuk menjaga kesehatan kucing.

Demikianlah tips menyimpan makanan basah kucing  yang bisa Anda praktikkan dengan mudah. Jadi. Jangan sampai Anda  salah lagi dalam menyimpan makanan basah, supaya makanan ini bisa lebih lama awetnya dan membuat kucing tetap ingin makan. Semoga Bermanfaat.

By admin