6 Penyebab Siklus Menstruasi Jadi Tak Teratur

Umumnya, menstruasi memang dialami oleh para wanita setiap sebulan sekali. Namun, tak sedikit juga wanita yang tak teratur siklus menstruasi yang dialaminya, seperti menstruasi yang sering telat atau bahkan tak menstruasi sama sekali di bulan tersebut. Selain karena faktor penyakit tertentu, menstruasi yang tak teratur bisa dipicu oleh kondisi dan pola hidup berikut ini.

1. Stres

Stres yang dialami oleh wanita bisa memicu kondisi anovulasi, yakni kondisi di mana tubuh tidak melepaskan sel telur di setiap bulannya sebagaimana seharusnya. Saat seseorang sedang stres, maka kadar hormon kortisol akan meningkat di dalam tubuh. Peningkatan hormon kortisol ini akan mengganggu keseimbangan hormon seks, yang berperan dalam mengatur ovulasi di dalam tubuh.

2. Penurunan atau Peningkatan Berat Badan Ekstrem

Penurunan atau pun peningkatan berat badan yang signifikan juga bisa memicu terjadinya siklus haid yang tak teratur. Pada saat kondisi itu terjadi, maka akan mempengaruhi kerja kelenjar pituitari, yang kemudian berujung pada ketidakseimbangan hormon dan mengganggu kemampuan tubuh untuk berovulasi. Solusinya adalah dengan mendapatkan kembali berat badan ideal.

3. Olahraga Ekstrem

Olahraga memang dianjurkan, namun jika sudah terlalu berlebihan atau ekstrem juga tak baik bagi tubuh, karena di antaranya bisa memicu haid yang tak teratur. Kondisi yang disebuta dengan amenorea ini di antaranya kerap dialami oleh para atlet wanita, karena aktivitas olahraga yang terbilang intens. Saat olahraga yang intens tersebut dilakukan, maka akan memicu stres atau tekanan pada tubuh, sehingga hormon pun terdampak dan memicu ketidakseimbangannya.

4. Penggunaan Pil KB

Pengonsumsian pil KB juga bisa memicu terjadinya siklus menstruasi yang tak teratur. Pil KB yang menggunakan kombinasi hormon estrogen dan progestin akan bisa mencegah terjadinya ovulasi. Jika Anda mulai mengonsumsi tipe kontrasepsi oral yang baru, maka tubuh akan mulai beradaptasi kembali, yang ditandai dengan tak teraturnya menstruasi selama beberapa bulan.

5. Pola Tidur yang Tak Teratur

Salah satu faktor yang juga bisa memicu terjadinya menstruasi yang tak teratur adalah pola tidur yang berantakan atau tak teratur. Jam tidur yang berantakan ini, terutama bagi yang begadang di malam hari dan tidur di siang harinya, akan bisa berdampak pada hormon reproduksi, yang kemudian mengganggu ovulasi dan menstruasi.

6. Bepergian ke Tempat dengan Zona Waktu Berbeda

Tahukah Anda kalau bepergian ke tempat atau negara dengan zona waktu yang berbeda juga bisa meningkatkan risiko terjadinya siklus haid yang tak teratur? Perbedaan waktu yang cukup signifikan antara tempat asal dan tempat tujuan akan bisa mengganggu keseimbangan hormon, yang kemudian memicu terjadinya ketidakteraturan menstruasi.

Itulah tadi 6 penyebab terjadinya siklus menstruasi yang tak teratur, di samping penyakit atau gangguan kesehatan yang dialami oleh tubuh. Ketidakteraturan yang disebabkan oleh pola hidup yang tak teratur umumnya bisa normal kembali dengan memperbaiki pola hidup. Cari tahu lebih banyak lagi informasi mengenai siklus menstruasi dengan membaca artikel kesehatan di Orami Magazine.

By admin