6 Macam Faktor yang Menyebabkan Masalah Makan pada Anak

Gangguan makan pada anak pada dasarnya adalah hal yang sangat umum terjadi. Kondisi seperti ini sudah sangat sering dialami oleh anak-anak dan tentu ada faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Sebelum mencari tahu cara mengatasi anak susah makan, sebelumnya harus dipahami dulu apa saja faktor yang menjadi penyebab.

Penyebab Anak Susah Makan

Ada banyak hal yang bisa memicu nafsu makan anak menurun. Orangtua sebaiknya segera mencari tahu apa yang menyebabkan anak enggan makan. Jika tak diatasi segera, gangguan makan ini bisa saja menyebabkan anak kekurangan gizi. Berikut adalah 6 faktor yang bisa menjadi pemicu nafsu makan anak hilang:

1. Sakit

Faktor penyebab pertama yang memungkinkan anak menolak makan adalah sakit. Jika tubuh si kecil sedang tidak sehat maka ia akan merasa tidak nyaman. Kondisi ini tentu akan membuat anak malas untuk makan. Bayangkan saja jika diri Anda sendiri sedang tidak aman, bukankah pasti nafsu makan berkurang? Jika hal ini terjadi, coba berikan saja makanan dalam porsi kecil dan fokus pulihkan kesehatan si kecil.

2. Bosan

Anak juga bisa saja tidak mau makan karena merasa bosan. Biasanya mereka bosan dengan pilihan makanan yang hampir sama setiap hari. Sebagai orangtua, Anda bisa mencoba menyajikan pilihan makanan yang lebih variatif. Sajikan menu yang berbeda atau coba saja resep-resep menarik yang belum pernah dimakan si kecil.

3. Tidak Fokus

Sebenarnya anak harus selalu dalam kondisi fokus ketika makan. Anak enggan makan salah satu penyebabnya karena mereka tidak fokus. Salah satu pilihan cara mengatasi anak susah makan ialah dengan tidak memberikan anak mainan dan gadget di jam makan. Usahakan anak fokus dengan makanan yang ada di depannya.

4. Sudah Kenyang

Jelas sekali saat anak kenyang maka mereka enggan makan lagi. Itulah mengapa sangat penting menyusun dan menerapkan jadwal makan. Buatlah jadwal makan yang teratur untuk memberi jarak antara minum susu, makan berat, dan makan camilan. Hindari pemberian susu dan camilan mendekati jam makan utama karena bisa membuat anak kenyang lebih dulu.

5. Trauma

Salah satu penyebab anak malas makan adalah karena mereka trauma. Seringkali orangtua memaksakan anak untuk menyantap makanan sampai habis. Bahkan tak sedikit pula yang membentak dan memukul si kecil saat tak mau makan. Tindakan seperti ini dapat memunculkan trauma hingga anak malas makan lagi.

6. Porsi Terlalu Banyak

Anak juga bisa saja enggan menghabiskan makanan mereka karena porsinya terlalu banyak. Cobalah untuk mengurangi porsi makan si kecil. Setiap anak punya porsi makan yang berbeda jadi tak perlu terlalu kaku mengacu pada teori. Sediakan saja makanan dengan porsi yang sesuai kemampuan anak Anda.

Itulah tadi 6 faktor penyebab yang bisa memicu anak tak mau menghabiskan makanannya. Ada banyak pilihan cara mengatasi anak susah makan yang bisa dicoba. Gunakan cara yang tepat sesuai dengan penyebab yang terjadi pada anak Anda.

By admin