6 Jenis Makanan Penambah Berat Anak yang Mudah didapat

Apabila si kecil telihat kurus atau berat badannya tidak sesuai dengan usianya, Anda perlu mencari tahu apa sih penyebabnya? Jika kondisi kesehatannya baik, Anda bisa meningkatkan berat badan anak dengan susu formula dan makanan penambah berat anak yang sehat serta menarik perhatian si kecil.

Untuk menambah berat badan anak, bukan hanya menambah porsi makan saja. Tapi dengan mengubah pola hidup, memperhatikan asupan nutrisi yang terkandung. Berikut beberapa ide menu makanan untuk menambah berat badan anak:

  1. Telur

Salah satu menu makanan yang paling simple mengolahnya adalah telur. Anda bisa memberikan pada si kecil dengan digoreng atau direbus, sesuai kesukaan anak. Untuk lebih menariknya, Anda bisa membuatnya menjadi bentuk menarik seperti bentuk hati, bintang, kepala beruang, atau bentuk unik lainnya.

Sedangkan untuk kandungan di dalamnya, nutrisi dalam telur sudah tidak diragukan lagi. Karena dalam 100 gram telur, ada vitamin A, vitamin B12, 13 gram protein, kalori, lemak, natrium, kalium, kolesterol dan lainnya.

  1. Ayam

Seperti halnya telur, kandungan nutrisi dalam daging ayam juga sama banyaknya. Kandungan protein dalam ayam berfungsi untuk perkembangan otot-oto tubuh dan bertumbuhan anak.

Tidak hanya beragam nutrisinya, daging ayam juga bisa diolah menjadi beragam menu makanan. Anda bisa membuat ayam goreng kecap, ayam bakar, opor ayam, dan olahan lainnya yang disukai si kecil.

  1. Kentang

Makanan penambah berat anak ini sangat mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau. Makanan khas dataran tinggi ini sangat baik untuk menambah bobot tubuh karena dalam 100 gram kentang mengandung 17 gram karbohidrat, 19,7 mg vitamin C, 2,2 gram serat, kalsium, magnesium, kalium, kalori, natrium, dan lain-lain.

Kentang ini bisa diolah menjadi camilan seperti kentang goreng chrispy atau menu makanan seperti balado kentang, perkedel, dan olahan lainnya.

  1. Pisang

Buah sudah menjadi makanan yang sangat familiar bagi bayi. Bahkan pada usia bayi di bawah 1 tahun sudah boleh mengonsumsinya karena pisang merupakan sumber energi tubuh yang baik.

Selain mudah di cerna, buah yang memiliki banyak jenisnya ini mengandung 105 kalori pada buah pisang yang besar. Dari beberapa jenis olahan pisang, olahan yang paling direkomendasikan untuk si kecil yaitu dikukus, digoreng, dijadikan jus, atau dihaluskan saja dan langsung dimakan.

  1. Alpukat

Buah yang teksturnya sama halusnya dengan pisang ini juga sering diberikan untuk anak. Buah yang mengandung lemak dan kalori tinggi ini sangat baik untuk menaikkan berat badan anak. Meski mengandung lemak, jangan khawatir karena itu adalah lemak baiik.

  1. Aneka Sayuran

Satu lagi, jangan lupa untuk memberikan sayuran pada menu makan si kecil. Sayuran hijau atau sayuran warna lainnya bisa menjadi sumber energi yang baik dan membantu pertumbuhan anak.

Dari beberapa makanan penambah berat anak, perlu diperhatikan juga apakah tubuh anak bisa menerima makanan tersebut atau tidak. Anda juga harus tetap memperhatikan cara pengolahannya agar makanan tersebut tetap bisa menutrisi anak. Selamat mencoba!

By admin